Gardu Pandang Setieng


Gardu Pandang Setieng berada di pinggir jalan arah Dieng, tepatnya di Desa Setieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian kurang lebih 1800 dpl, gardu pandang ini memang bukan merupakan obyek wisata utama, melainkan sebagai tempat peristirahatan bagi wisatawan yang hendak menuju ke kawasan wisata Dieng atau turun ke kota Wonosobo. Akan tetapi, pemandangan indah dan mempesona yang ada disekitarnya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja, sehingga banyak wisatawan yang menyempatkan untuk berhenti sejenak di gardu pandang ini.



Di Gardu Pandang ini, jika kondisi cuaca cerah dan tidak berkabut, wisatawan bisa melihat pemandangan luar biasa, lereng dan puncak Gunung Sindoro bisa terlihat dengan jelas. Pemandangan kaldera dan alam pedesaan yang berada dibawahnya, tatanan rumah perkampungan warga dan lahan pertanian yang asri dan elok, semuanya terhampar dengan jelas  di pandangan kita, sungguh luar biasa.



Tak hanya menikmati megahnya gunung dan hamparan perkampungan, gardu pandang ini juga merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati terbitnya mentari pagi dengan cahaya keemasan (golden sunrise) bagi para sunrise hunter.


Foto-foto :
http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2012/08/06/dieng-plateau-nirwana-sunyi-anak-anak-gimbal-476105.html
http://heyyblog.wordpress.com/