Goa Sumur

Goa Sumur berada tidak jauh dari Goa Semar, wisatawan dapat mengenalinya dengan adanya satu arca wanita yang sedang membawa kendi di depan goa tersebut. Goa ini memang memiliki kolam kecil yang airnya konon bertuah. Banyak yang percaya bahwa air di Gua Sumur ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat kulit jadi lebih cantik. Adapula yang menggunakannya untuk upacara suci. Umat Hindu dari Bali, misalnya. Mereka menggunakan air gua ini untuk upacara Muspre atau Mabakti.

Goa ini terletak dibawah batu besar, dan untuk memasukinya kita harus turun. Ruang di dalam goa cukup luas sebagai tempat bersemadi bagi orang-orang kejawen/ kebatinan / kepercayaan khusus. Dibawahnya terdapat Sumur dengan  genangan air yang sangat jernih, disebut "Tirta Prawitasari", yang dipercaya sebagai air suci bagi masyarakat Bali, dan dipercaya juga sebagai air yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Untuk bersemedi di goa ini, harus dipandu oleh Juru Kunci (Kuncen) Gunung Dieng yaitu Mbah Rusmanto. Karena pintu goa biasanya dikunci untuk menjaga kesuciannya maka untuk masuk kedalam goa perlu minta tolong/izin kepada juru kunci untuk membukanya (sama halnya dengan Goa Semar). Juru kunci tinggal tidak jauh dari area Goa & Telaga Warna.

Foto-foto :
http://www.wijanarko.net/2011/07/goa-semar-goa-sumur-goa-jaran-dan.html