Goa Semar


Goa Semar berada di dalam kawasan wisata Telaga Warna. Dinamai Gua Semar karena penduduk setempat percaya bahwa gua ini dijaga oleh Eyang Semar. Semar adalah salah satu punakawan yang dianggap paling bijaksana.

Pengunjung bisa langsung mengetahui keberadaan gua itu karena ada arca Semar di depannya. Banyak orang bersemedi di gua ini dengan tujuan menginginkan keselamatan. Di antaranya, bahkan banyak yang berstatus pejabat di negeri ini. Konon beberapa pemimpin negeri ini dikatakan pernah mengunjungi Goa Semar dan bersemedi di sini.

Penamaan Goa Semar dikiaskan dari ” Ngguguo Maring Sing Samar ” ( merujuk kepada Tuhan yang Maha Esa ), bahwa manusia hidup di dunia ini selalu  berdampingan dengan makhluk – makhluk astral (gaib), hewan, serta  tumbuhan. Di depan Goa tersebut terdapat sebuah nama ” Eyang Sabdo Jati ” yang artinya untuk mencari kesempurnaan sejati hanya dapat dilakukan dengan cara mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta.

Goa Semar dikatakan sebagai goa induk dan menjadi ciri khas bahwa dalam budaya masyarakat Dieng, goa adalah salah satu media alternatif untuk menyampaikan pesan kepada Tuhan.


foto-foto :
http://acupofspirituality.blogspot.com/2013/11/referensi-lokasi-sakral.html