Telaga Merdada


Telaga Merdada terletak di Desa Wisata Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga ini memiliki luas 25 hektar dengan latar belakang perbukitan yang mengelilingi seluruh luasan telaga. Telaga Merdada memiliki kedalaman sekitar 2- 10 meter.

Telaga Merdada merupakan telaga terluas diantara semua telaga yang ada di wilayah Dataran Tinggi Dieng, dan di juluki sebagai Bedugul-nya Dieng. Air telaga yang tak pernah surut dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk mengairi lading-ladang pertanian.

Berbeda dengan Telaga Warna dan Telaga Pengilon, telaga ini bisa digunakan oleh pemancing untuk sekedar menyalurkan hobi memancing. Bahkan anda juga dapat berkeliling telaga dengan menggunakan perahu kecil yang disewakan oleh penduduk setempat.  

Keindahan serta daya tarik yang ditawarkan di Telaga Merdada ini tidak hanya sampai di situ. Atraksi wisata naik perahu di puncak gunung bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Kawasan Telaga Merdada juga sering digunakan sebagai tempat berkemah.


Foto-foto :
http://finddstar.wordpress.com/2012/04/09/dieng-chapter-7-zona-2-telaga-merdada-kawah-sileri/