Telaga Warna



Telaga Warna terletak  di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, berdampingan dengan Telaga Pengilon. Keindahan Telaga warna sudah sangat populer dan menjadi tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika berwisata di dieng.

Dengan luas sekitar 39,60 ha, Telaga Warna akan mempesona anda dengan pemandangan alam yang luar biasa. Keunikan Telaga Warna adalah nuansa warna airnya yang dapat berubah-ubah, kadang merah, kadang berganti hijau, berganti biru, putih dan lembayung. Secara ilmiah, fenomena alam ini dikarenakan adanya kandungan sulfur yang cukup tinggi di dalam air Telaga Warna, sehingga pada saat terkena sinar matahari, warna air di Telaga Warna tampak berubah-ubah.

Ada legenda atau mitos yang berkembang dan dipercaya oleh mayarakat di sekitar telaga tentang keberadaan dan keunikan Telaga Warna. Menurut mitos tersebut, perubahan warna air Telaga Warna di sebabkan oleh sebuah cincin milik seorang bangsawan setempat yang jatuh ke dasar telaga tersebut.


Sisi keindahan telaga warna dapat dilihat dari beberapa sudut, seperti disebelah barat dekat mushola ataupun diatas tangga menuju Dieng Teater. Jika cuaca memungkinkan Telaga Warna memantulkan warnanya seperti variasi pelangi

Di dalam kawasan wisata Telaga Warna, terdapat beberapa obyek wisata lain yang menarik seperti Goa-goa dan Batu Tulis. 


Foto-foto :
http://indonesiavisit.info/2012/08/29/the-colorful-lake-telaga-warna/