Goa di Dataran Tinggi Dieng

Selain menawarkan keindahan panorama alam telaga dan sekitarnya, di kawasan wisata Telaga Warna dan Telaga Pengilon, juga terdapat beberapa goa alam, batu belik dan batu tulis. Beberapa goa yang ada di kawasan tersebut adalah Goa Semar, GoaJaran dan Goa Sumur.  

Pengunjung dapat dengan mudah mengetahui Gua Semar karena ada arca Semar di depan mulut gua tersebut. Tidak jauh dari Goa Semar ada Goa Sumur, yang di depannya ada arca wanita yang sedang membawa kendi. Banyak orang bertapa di situ dengan tujuan mencari keselamatan. Batu Belik Cundamanik berada di sebelah Gua Jaran.

Sementara Goa Jaran atau Goa Kuda di Dieng mempunyai bentuk yang unik yang seperti kuda. Jika diamati dengan seksama mulut goa persis menyerupai kuda. Selanjutnya, ada Batu Tulis. Di percaya oleh penduduk lokal, barang siapa ingin anaknya bisa lancar membaca dan menulis, bisa ke lokasi ini untuk berdoa.

Disamping gua-gua kecil tersebut, juga terdapat juga kawah. Kawah tersebut adalah kawah Sikendang. Dinamai demikian karena kadang-kadang mengeluarkan bunyi seperti kendang.