Golden Sunrise di Puncak Sikunir

Gunung Sikunir merupakan salah satu jajaran gunung yang mengelilingi dataran tinggi dieng. Puncak Sikunir terletak di Desa Sembungan, desa tertinggi dipulau Jawa, yang hanya ditemani bukit-bukit yang mengitari desa dan telaga bernama telaga Cebong yang berada diantara Desa Sembungan dan Bukit Sikunir. 


Gunung Sikunir, yang memiliki ketinggian sekitar 2350 meter dpl, mungkin belum terlalu populer dan dikenal oleh wisatawan lokal, tapi konon keindahan sunrise di puncak Siknunir sudah cukup terkenal dikalangan turis mancanegara.   

Menikmati Golden Sunrise di puncak Sikunir merupakan salah satu primadona pariwisata di Dieng. Hal ini dibuktikan dengan antusiasnya para wisatawan lokal dan maupun wisatawan mancanegara yang rela bangun sebelum subuh ditengah dinginnya suhu udara di Dieng untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa tersebut.

Untuk menuju ke puncak Gunung Sikunir, cara paling mudah, aman dan nyaman adalah dengan bermalam di Dieng. Keesokan harinya sekitar pukul 4:00, wisatawan berangkat menuju desa Sembungan dan telaga Cebong dengan menggunakan kendaraan, baik motor atau mobil. Perjalanan menuju puncak Sikunir dilanjutkan dengan berjalan kaki mendaki sejauh kurang lebih 800 meter. 

Ada 2 tempat yang bisa digunakan untuk menyaksikan sunrise dari Sikunir. Yang pertama berjarak sekitar 20 menit dari Telaga Cebong. Pemberhentian ini dilengkapi dengan gazebo dan kursi dari batang-batang pohon yang bisa digunakan untuk duduk. Sementara untuk mencapai tempat kedua kita bisa meneruskan pendakian sekitar 15 menit dari tempat pertama.